Jumat, 26 Februari 2016

perbedaan mesin vespa sprint 150 dan vespa sprint 150 veloce

Kedua scooter bermesin 2 tak 150 cc ini memiliki spesifikasi yang berbeda baik dari segi bodi maupun mesinnya. Vespa Sprint hadir sebagai model awal dari tahun 1965 sampai dengan tahun 1974, sedangkan Vespa Sprint Veloce mulai dibuat sebagai model keduanya pada tahun 1969 hingga 1976. Untuk mengetahui perbedaan kedua model Vespa tersebut mari kita simak spesifikasi dari masing-masing Vespa Sprint ini.

Vespa Sprint (1965-1974)

Vespa Sprint 150 Tahun Produksi 1965 -1974

Vespa Sprint generasi awal ini memiliki kode rangka bodi yang sama dengan model Sprint Veloce yaitu VLB1T. Sekilas tubuh Vespa Sprint ini tidak berbeda jauh dengan Vespa 150 Super yang diproduksi antara tahun 1965-1979 dengan kode frame VBC1T, bentuk lampu depan sudah semi kotak dan tebeng kedua sampingnya juga sudah ramping, namun yang jelas terlihat pada Vespa Sprint yaitu telah menggunakan roda yang berukuran 10 inchi lebih besar dari Vespa Super yang hanya memiliki roda berukuran 8 inchi. Untuk mengetahui dalaman mesin dan bodi Vespa Sprint generasi pertama ini secara detil berikut kami sajikan spesifikasi teknis dari motor Vespa yang satu ini:

  • Mesin : 2-stroke Silinder Tunggal, Berpendingin Udara 
  • Barrel : 2 Transfer Port
  • Induksi : Disc Valve
  • Bore : 57 mm
  • Stroke : 57 mm
  • Kapasitas Mesin : 145.5 cc
  • Rasio Kompresi : 7,5 : 1
  • Daya Maksimal (Bhp pada Rpm) : 7.1 hp @ 5000 Rpm
  • Pelumasan : 2% (USA autolube)
  • Transmisi : 4 Kecepatan jala konstan
  • Drive utama : 22 clutch - poros input 67
  • Rasio Gigi :
                       Gigi 1 : 14,46 : 1
                       Gigi 2 : 10.28 : 1
                       Gigi 3 : 7.36 : 1
                       Gigi 4 : 5.36 : 1

  • Tipe Kopling : Multiplate Basah 
  • Pelumasan : 2%
  • Karburator : Dell'Orto SI 20 / 17D
  • Main Jet : 102
  • Slow running Jet : 42
  • Diffuser : E1
  • Main Air Bleed : 140
  • Throttle Valve : No 0
  • Starter Jet : 60
  • Pengapian : Kontak Pemutus & Koil
  • Waktu Pengapian : 22 deg. BTDC
  • Breaker Gap : 0,3-0,5 mm
  • Tegangan : 6 volt
  • Max Output Stator : 6V - 50W
  • Ukuran Velg Roda : 10 inchi
  • Ukuran Ban : 3.50 x 10
  • Kecepatan Maksimal : 62 mil/jam

Vespa Sprint Veloce (1969-1976)


Vespa Sprint 150 Veloce Produksi Tahun 1969 - 1976

Vespa Sprint Veloce atau yang tertulis di emblem-nya Vespa sprint V. tepat diatas lampu belakangnya memiliki bentuk lampu depan yang bulat dan berukuran lebih besar dari Vespa Super VBB tahun 1960 - 1962 atau Vespa Kongo. Veloce juga memiliki spesifikasi mesin yang telah mengalami peningkatan performa seperti misalnya bagian barrel-nya yang telah memiliki 3 lubang transfer port sehingga rasio kompresinya meningkat menjadi 7,7 : 1 dan tenaga maksimumnya pun naik menjadi 7,7 tenaga kuda pada putaran 5.200 Rpm.

  • Mesin : 2 Tak Silinder Tunggal, Berpendingin Udara 
  • Barrel : 3 Transfer Port 
  • Induksi : Disc Valve
  • Bore : 57 mm
  • Stroke : 57 mm
  • Kapasitas Mesin : 145.5 cc
  • Rasio Kompresi : 7.7: 1
  • Tenaga Maksimum (Bhp pada Rpm) : 7,7 @ 5200
  • Pelumasan : 2% (USA autolube)
  • Sistem Transmisi : 4 kecepatan jala konstan
  • Rasio Gigi :

                       Gigi 1 : 14,46: 1

                       Gigi 2 : 10.28: 1
                       Gigi 3 : 7.36: 1
                       Gigi 4 : 5.36: 1
  • Type Kopling : basah - multiplate
  • Karburator : Dell'Orto SI 20 / 20D
  • Pengapian : kontak pemutus & koil
  • Waktu Pengapian : 22 deg. BTDC
  • Breaker Gap : 0,3-0,5 mm
  • Tegangan : 6 volt
Setelah mengetahui spesifikasi kedua model Vespa Sprint diatas terlihat jelas bahwa perubahan besar pada Sprint Veloce adalah pada bagian mesinnya. Desain diubah dari desain dengan model dua port dengan penambahan port ketiga di bagian ujung atas yang menyebabkan meningkatnya rasio kompresi.
Awalnya model ini mempunyai kekurangan karena tidak memiliki lampu sein, namun semua model Sprint Veloce yang diimpor oleh Amerika Serikat setelah tahun 1973 telah mengalami penambahan lampu untuk tanda berbelok tersebut sebagai perlengkapan standar untuk memenuhi peraturan negara Amerika. Platform Vespa Sprint ini juga dipakai oleh perusahaan motor scooter di India yaitu Bajaj Auto Company untuk model produknya yaitu Bajaj Chetak, yang sukses mengalami penjualan hingga jutaan unit ke seluruh dunia sebagai kloningan Vespa Sprint. Sehingga saat ini beberapa spareparts barunya masih banyak tersedia di pasaran dan banyak dicari oleh mereka yang sedang memerlukan onderdil untuk merestorasi Vespa Sprint-nya. 

1 komentar:

  1. Lucky Club Online Casino Site
    Lucky Club Casino is one of the most popular online casinos that players can find at the top rated online casinos online. You can now play the games luckyclub.live and win real money

    BalasHapus